Sharing: How To Fix Broken Eyeshadow

November 14, 2013


Siapa yang sedih kalau eyeshadow-nya retak padahal masih bisa dipake? *angkat tangan*. Jadi ceritanya aku baru beli eyeshadow di salah satu grup facebook yang jual preloved makeup. Aku tertarik sama eyeshadow Wet n Wild yang di post sama salah satu seller disana. Akhirnya aku beli, karena kondisinya masih bagus dan harganya setengah harga dari harga asli *plak* (noted: untuk preloved, aku cari barang yang masih 90%-80%), tapi pas sampe rumah salah satu warnanya retak :( padahal itu warna yang lagi aku pengen. Aku gak nyalahin sellernya, karena mungkin rusak pas di perjalanan. 

Akhirnya, aku search di Google & Youtube tutorial cara benerin eyeshadow yang retak, tapi kebanyakan yang muncul tutorialnya untuk eyeshadow yang jar-nya berbentuk bulat atau single eyeshadow. Karena eyeshadowku bentuknya persegi panjang, jadi aku ciptain cara sendiri untuk benerin eyeshadowku. Yuk disimak^^

Liat kan retaknya parah :( huhuhu~ jangan dibuang dulu kalo gini, masih bisa dibenerin kok ^^ caranya gak susah dan gak makan waktu lama :D


Bahan-bahan:
1. Alkohol 70%
 (bisa pakai yang 50%, tapi waktu pengeringannya lebih lama)
2. Tissue basah 
(untuk membersihkan serpihan eyeshadow yang retak, ini optional)
3. Handuk kecil 
(atau kamu bisa pakai sapu tangan)
4. Piring kecil
(bisa juga diganti dengan jar plastik yang bersih)
5. Tissue
6. Tusuk gigi
7. Kuas

Bahan-bahan diatas mudah didapat^^ alkohol bisa dibeli di apotik dan harganya murah (aku beli Rp. 5000). Sekarang kita pindah ke cara benerinnya^^

1. Eyeshadow yang retak di pindah ke piring yang sudah diberi alkohol sebelumnya. Aku tuang alkohol di tissue dan di oles ke seluruh permukaan piring. Hal ini aku lakukan untuk membuat piring lebih bersih ^^

2. Serpihan eyeshadow yang masih bersisa, bisa dipindahkan ke piring atau dibersihkan dengan menggunakan kuas. 

3. Setelah eyeshadow dipindahkan ke piring, eyeshadow dihancurkan dengan menggunakan tusuk gigi.

Hasil setelah dihancurkan^^

4. Tuangkan alkohol kedalam piring. Jangan terlalu banyak, tapi jangan terlalu sedikit. Dikira-kira sampe pas^^ hehehe~

Hasil setelah dituang alkohol, lalu aduk sampai rata dengan menggunakan tusuk gigi. Pastikan bubuk eyeshadownya sudah bercampur semua dengan alkohol.

5. Setelah rata, eyeshadow dipindahkan lagi kedalam jar-nya. Aku mindahin eyeshadownya dengan kuas. Pindahinnya gampang kok,karena eyeshadow dan alkohol sudah bercampur, mereka jadi 'terikat' jadi gak bakalan jatuh. Lalu ratakan ke seluruh jar.

6. Untuk membuat eyeshadownya padat, kita harus menekannya. Caranya yaitu, tuangkan sedikit alkohol kedalam piring tadi, ambil handuk kecil (atau sapu tangan) basahi bagian bawahnya dengan alkohol dan dengan menggunakan dua jari tekan eyeshadow yang sudah diletakan kedalam jar. Tekan yang kuat ya^^



 7. Tunggu sampai 15-20 menit, dan voila! Eyeshadow sudah bisa digunakan kembali^^

Ini dia swatchnya di tanganku. Warnanya gak berubah kok^^ sebelum dibenerin, aku udah coba oles dulu ke tangan dan warnanya sama dengan yang udah dibeberin^^.


Ohya, untuk langkah diatas sebenernya bisa langsung dibenerin didalam jar-nya tapi langkah ini lebih mudah untuk eyeshadow yang bentuknya bulat. Untuk yang bentuknya bulat, saat bagian pemadatan, dipadatkan dengan menggunakan koin yang dimasukan kedalam handuk kecil atau sapu tangan^^

Semoga tutorialnya bermanfaat ya^^ see you on my next post ;)

With love,

You Might Also Like

11 comments

  1. hua. . . .thank sis sangat membantu, soalnya aku jg beli eyeshadow kemarin tapi karena aku ceroboh eyeshado'y jatuh dan brantakan.
    btw kalau alkohol'y 70% bs gk y?
    coz di tempat kerjaku ada alkohol yg 70-80%, maklum buat desinfektan,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya di atas sudah di jelaskan sis ? sis ini malah pake yang 70% loh

      Delete
    2. Sama sama anon u,u huhuhu~~ iya sist, pake 70% bisa banget :) silahkan dicoba

      Delete
  2. ah berguna bgt caranya! Good tutorial ^^

    ReplyDelete
  3. thx ya buat turtorialnya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa seneng kalo gitu :) makasih udah mampir :)

      Delete
  4. nice tips saaaay, emg ya wet n wild suka gitu deh palettenya :( suka ada aja yg retak begitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, teksturnya rapuh gitu. jadi kudu pelan-pelan sama wnw hehe, makasih udah mampir :)

      Delete
  5. thanks banget infonya say..will try this one ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. you should try this :) thanks for stopping by ;)

      Delete

Thank you for visiting & read my post ^^ kindly post your comment. I'd really appreciate that <3<3

PART OF

Blogger Perempuan